Definisi Strategi Menurut Para Ahli
Pupuh
Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno (2007: 3).
Secara
bahasa, strategi dapat diartikan sebagai siasat, kiat, trik atau cara,
sedangkan secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Gagne
(Iskandarwassid & Dadang Sunendar, 2008: 3)
Dalam
konteks pengajaran, strategi adalah kemampuan internal seseorang untuk
berpikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Artinya, bahwa proses
pembelajaran akan menyebabkan peserta didik berpikir secara unik untuk dapat
menganalisi, memecahkan masalah di dalam mengambil keputusan.
Joni
(1992/1993).
Strategi
adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/
atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2005:1092).
Strategi
diartikan sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran
khusus.
Ensiklopedia
pendidikan
Srategi
ialah the art of bringing forces to the battle field in favourable position,
dalam pengertian adalah suatu seni , yaitu seni membawa pasukan ke dalam medan
tempur dalam posisi yang paling menguntungkan. Dengan demi9kian dalam duni
pendidikan, strategi pembelajaran adalah suatu seni dan ilmu untuk membawakan
pengajaran di kelas sedimikian rupa sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat
dicapai secara efektif dan efisien.
Sanjaya
(2007 : 126).
Dalam
dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang
rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli
H.J
Gino, dkk. (1998:32).
Pembelajaran
atau intruction merupakan usaha sadar dan disengaja oleh guru untuk membuat
siswa belajar dengan tujuan mengaktifkan faktor intern dan faktor ekstern dalam
kegiatan belajar mengajar.
Sukintana
(2004:55)
Pembelajaran
mengandung pengertian, bagaimana para guru mengajarkan sesuatu kepada peserta
didik, tetapi di samping itu juga terjadi peristiwa bagaimana peserta didik
mempelajarinya.
Gagne
dan Briggs (1979:3).
pembelajaran
adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang
berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk
mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat
internal.
Hamalik
(2002:57)
Pembelajaran
adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material,
fasilitas, dan proses yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.
Dimyati
& Mudjiono (2005)
Pembelajaran
adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk
membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber
belajar.
Knirk
& Gustafson (2005)
Pembelajaran
merupakan setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang
mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang
sistematis melalui tahap rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam konteks
kegiatan belajar mengajar.
Surya,
(2004)
Pembelajaran
merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu
perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman
individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
UUSPN
No.20 Tahun 2003
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar.
Definisi Strategi Pembelajaran
Menurut Para Ahli
Gerlach
dan Ely (1990).
Strategi
pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode
pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya mereka
menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksudkan meliputi sifat, lingkup,
dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar
kepada peserta didik.
Gropper
di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1990).
Strategi pembelajaran merupakan
pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku
yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya
harus dapat dipraktekkan.
Kozma
dalam Gofur (1989) / (1978 : 97).
Strategi
pembelajaran dapat diartikan sebagai yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan
fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan
pembelajaran tertentu.
Dick
dan Carey (1996:106).
Strategi
Pembelajaran adalah komponen-komponen umum dari suatu set materi dan prosedur
pembelajaran yang akan dipergunakan bersama-sama materi tersebut.
Kemp
(1995).
Mengemukakan
bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif
dan efisien.
Raka
Joni (1980).
Pola
umum perbuatan guru siswa didalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar yang
menunjuk kepada karakteristik abstrak dari pada rentetan perbuatan guru-siswa
tersebut.
J. R
David (Wina Senjaya,2008).
Dalam
strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Strategi pembelajaran dapat
diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang
didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Miarso
(2004) dalam Bukunya Warsita (2008: 266).
Strategi
pembelajaran adalah suatu kondisi yang diciptakan oleh guru dengan sengaja agar
peserta difasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Sadiman,
dkk (1986) dalam bukunya Warsita (2008: 266).
Strategi
pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber
belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.
Alim
Sumarno (2011).
Strategi
pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau
instruktur dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan fasilitas
kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang
telah ditetapkan.
Syaiful
Bahri dan Aswan Zain (1995).
Strategi
pembelajaran adalah sebagai pola-pola umum kegiatan peserta didik dalam
mewujudkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
A.J.
Romiszowski (1981).
Berpendapat
bahwa strategi pembelajaran adalah suatu pandangan umum tentang rangkaian
tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode
pembelajaran.
Definisi Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli
Rothwell
& Kazanas
Metode
adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.
Titus
Metode
adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk
menegaskan bidang keilmuan.
Macquarie
Metode
adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana
tertentu.
Wiradi
Metode
adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara
sistematis (urutannya logis).
Drs.
Agus M. Hardjana
Metode
adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti
langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
Suwardi
(2007:61).
Metode adalah cara yang digunakan untuk
mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Metode pembelajaran berarti
cara-cara yang dipakai oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara
efektif dan efesien.
J.J
Hasibuddin dan Moedijono (2002:3).
Metode
pembelajaran adalah alat yang dapat merupakan bagian dari perangkat alat dan
cara dalam pelaksanaan suatu strategi pembelajaran.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2005:740).
Metode
diartikan sebagai cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu
pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.
Nana
Sudjana (2005:76).
Metode
pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan
siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.
M.
Sobri Sutikno (2009: 88).
Metode
pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh
pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk
mencapai tujuan.
Joni
(1992/1993).
Metode
adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk
mencapai tujuan tertentu.
Definisi
Model Pembelajaran Menurut Para ahli
Joyce
& Weil (1980).
Model
pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam
melakukan pembelajaran
Soekamto,
dkk. (dalam Nurulwati, 2000).
Model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2005:751).
Model
diartikan sebagai pola (contoh,acuan, ragam, dsb) dari sesuatu yang akan dibuat
atau dihasilkan.
Agus
Suprijono
Pola
yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun
tutorial.
Mills
Model
adalah bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan
seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu.
Burden
& Byrd (1999:85)
An instructional strategy is a method
for delivering instruction that is intended to help students achieve alearning
objective.
Gunter
et al (1990:67)
An instructional model is a
step-by-step procedure that leads to specific learning outcomes.
Definisi
Pendekatan Menurut Para Ahli
Noeng
Muhadjir (2000:140).
Pendekatan
sebagai cara untuk menganalisis, memperlakukan, dan mengevaluasi suatu objek.
Joni
(1992/1993).
Pendekatan
adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Dengan
demikian, dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalh cara memandang
terhadap pembelajaran.
Depdikbud
(1990:180).
Pendekatan
dapat diartikan sebagai proses, perbuatan, atau cara untuk mendekati sesuatu.
Suharno,
Sukardi, Chodijah dan Suwalni (1998:25).
Pendekatan
pembelajaran diartikan model pembelajaran.
Cecep
(2008).
Pendekatan
adalah konsep dasar yang mewadahi,menginsipi rasi, menguatkan, dan melatari
metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Wahjoedi
(1999:121).
Pendekatan
pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia
dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar
secara optimal.
Syaifuddin
Sagala (2005:68).
Pendekatan
pembelajaran merupakan jalan yang akan ditcmpuh oleh guru dan siswa dalam
mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.
Definisi Teknik Menurut Para Ahli
Gerlach
dan Ely (Hamzah B Uno, 2009:2).
Teknik
adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan
kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2005:1158).
Teknik
diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau
melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.
Al
Khazin (2010).
Teknik
pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam
mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Cecep
(2008).
Teknik
adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.
Kamus
Dewan (Edisi ketiga).
Teknik
adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik, karang-mengarang dan
sebagainya.
Edward
M. Anthony
Teknik
adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang
mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu bahagian bahasa
tertentu.
Kamaruddin
Hj. Husin & Siti Hajar Hj. Abdul Aziz (Pengajian Melayu III : Komunikasi
Bahasa).
Teknik
boleh didefinisikan sebagai pengendalian suatu organisasi yang benar-benar
berlaku di dalam bilik darjah di mana ia digunakan untuk mencapai sesuatu
objektif.
DAFTAR PUSTAKA
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi
Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Al
khazin. 2010. Defenisi Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Pembelajaran
Matematika.http://aanchoto.com/2010/09/defenisi-pendekatan-strategi-metode-dan-teknik-pembelajaran-matematika/.
Diakses 04 maret 2012.
Alumni
Smangadawi. 2009. PengertianStrategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik
Pembelajaran.http://alumni.smadangawi.net/2009/06/28/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran/.
Diakses 10 September 2009.
Bahri, Syaiful, dan Aswan. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Penerbit : Rinekan Cipta.
Burden,
P. R., & Byrd, D. M. 1999. Method for effective teaching, second edition.
Boston: Allyn and Bacon
Dedi Supriawan dan A. Benyamin
Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung:
FPTK-IKIP Bandung.
Dharma Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Ditjen PMPTK
Dharma Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Ditjen PMPTK
bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 3-4
Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo. Halaman 1-2.
Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo. Halaman 1-2.
Gunter,
M. A., Estes, T. H., & Schwab, J. H. 1990. Instruction: A models approach.
Boston: Allyn and Bacon.
Hoesnaeni. 2009. Beda Strategi,
Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran. http://hoesnaeni.wordpress.com/2009/01/24/beda-strategi-model-pendekatan-metode-dan-teknik-pembelajaran/.
Diakses 10 September 2009.
Ismail.
2011. Model, Pendekatan, Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran.. http://ismailbugis.wordpress.com/2011/06/19/pengertian-strategi-pendekatan-model-teknik-dan-metode-pembelajaran/.
Diakses 1 maret 2012.
Iptek. 2011. Pengertian Pembelajaran. http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/12/pengertian-pembelajaran.html.
Diakses 4 Maret 2012.
Joyce,
B., & Weil, M. 1980. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kuhn, T. S. 2002. The structure of scientific revolution. Diterjemahkan oleh:
Tjun Surjaman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Widyo. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran. Jakarta : Gunadarma. Halaman 5.
Sanjaya,
Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Halaman 126. Jakarta : media prenada.
Sri
Anitah W, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas
Terbuka. Halaman 6.1.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Warsita. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Halaman 266.
Sangat bermanfaat gan, Silahkan juga kunjungi
BalasHapus1. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli / pakar
2. 5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar
3. Kumpulan materi pelajaran SD, SMP, SMA, tugas sekolah lengkap dengan jawaban dan materi perkuliahan (www.materibelajar.id)